Selasa, 23 Februari 2016

Kantor Jacobson Van Den Berg



Palembang History - Kantor Jacobson van Den Berg adalah salah satu bangunan tua sisa kolonial Belanda terletak di Jalan Sekanak tepat di persimpangan Balai Pertemuan (Kini kantor Pol PP).  Lewat bentuk kita pasti sudah akan mengira bahwa bangunan ini sudah berusia cukup tua.  Warna bangunan yang dahulu putih sekarang tidak tampak lagi, kini bangunan tersebut kusam tak terawatt namun tetap berdiri kokoh khas bangunan kolonial. 


Sayangnya bangunan bekas kantor van Jacobson van Den Berg kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah.  Seandainya pemerintah setempat mengambil bangunan ini dan menjadikan bangunan tersebut sebagai aset wisata bukan mustahil akan menjadi tempat yang menarik untuk di kunjungi.  Palembang bukan kota seperti Jakarta mapun Semarang yang memiliki wilayah kota tua yang terpusat, di Palembang bangunan tua berada menyebar di sudut-sudut kota, tidak jarang bangunan tua yang masih tersisa kini sudah hancur dan tinggal kenangan.   
Keberadaan bangunan tua di Palembang harus dilestarikan karena merupakan warisan sejarah yang tidak ternilai harganya. Keberadaan kantor van Jacobson van Den Berg di Palembang kurang diketahui pasti kapan berdirinya, namun dari bentuknya saja kita sudah pasti mengira banyak kisah yang telah disaksikan bangunan tersebut.   

Jacobson van Den Berg adalah perusahaan dagang milik Belanda yang beroperasi di Indonesia sejak 1960 dan dinasionalisasikan pada tahun 1958.  Perusahaan ini bergerak di bidang asuransi dan perdagangan (Expor-Impor) termasuk membentuk perusahaan kongsi di Palembang untuk pembelian karet dan kopi.
 
Karyawan Indonesia mengambil alih NV Jacobson van Den Berg & Co ketika hubungan RI-Belanda memburuk.  Jacobson van den Berg dan semua perusahaan milik Belanda diambil alih.  Sementara ribuan warga Belanda dan Indo Belanda meninggalkan Indonesia.


Tahun 1957 perusahaan ini diambil alih pemerintah RI dan dinasionalisasikan. Tahun 1959 didirikan perusahaan dengan nama PT. Yudha Bhakti Corp sebagai pengganti nama Jacoberg. Tahun 1961 PT. Yudha Bhakti diubah status dan diganti namanya menjadi Perusahaan Dagang Negara (PDN) Fadjar Bhakti, yang merupakan peleburan dari 6 perusahaan negara yakni PT. Yudha Bhakti, PT. Kartika Pantja, Permata, Tantular, dan NV Tsounas. Tahun 1964, PDN Fadjar Bhakti dibubarkan dan diganti namanya menjadi P.N. Satya Niaga. Dari keenam perusahaan yang diintegrasikan ke dalam PDN Fadjar Bhakti, hanya eks. Yudha Bhakti Corp dan eks. Kartika Pantja yang melebur ke dalam PN Satya Niaga yang pada tahun 1970 dialihkan statusnya dari Perusahaan Negara (PN) menjadi Perusahaan Perseroan (PT). Namun karena kondisinya semakin parah, tahun 1977 dilikuidasi dan digabung ke dalam PT. Dharma Niaga.

(Dirangkum dari berbagai Blog)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar