Rabu, 10 Februari 2016

Sungai Musi dan Legendanya






Palembang History - Sungai Musi adalah sebuah sungai  yang terletak di provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Dengan panjang 750 km, sungai ini merupakan yang terpanjang di pulau Sumatera dan membelah kota palembang menjadi dua bagian. Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota palembang pun melintas di atas sungai ini. Sejak zaman kerajaan Sriwijaya hingga sekarang, sungai ini terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat.

Sungai Musi membelah kota palembang menjadi dua bagian kawasan: Seberang ilir di bagian utara dan Seberang ulu di bagian selatan. Sungai Musi, bersama dengan sungai lainnya, membentuk sebuah delta di dekat kota sungsang.

Mata airnya bersumber dari daerah Kepahiang, Bengkulu. Sungai Musi disebut juga Batnghari sembilan yang berarti sembilan sungai besar, pengertian sembilan sungai besar adalah Sungai Musi beserta delapan sungai besar yang bermuara di sungai Musi. Adapun delapan sungai tersebut adalah :

1. Sungai Komering
2. Sungai Rawas
3. Sungai Leko
4. Sungai Lakitan
5. Sungai Kelingi 
6. Sungai Lematang
7. Sungai Semangus
8. Sungai Ogan

Lahan seluas 3 juta ha di Daerah Aliran Sungai (DAS) Musi dianggap kritis akibat maraknya penebangan liar. Kondisi ini dapat memicu banjir bandang dan tanah longsor.


Obyek wisata di tepi Sungai Musi

 
 

  • Benteng Kuto Besak
  • Jembatan AMPERA
  • Restoran terapung Riverside
  • Restoran terapung Warung Legenda
  • Rumah Rakit
  • Pulau Kemaro
  • Bagus Kuning
  • Sungai Gerong
  • Pasar 16 Ilir
  • Kampung Kapitan
  • Kampung Arab
( Sumber : Wikipedia )

Legenda Sungai Musi Palembang

 

Alkisah pada zaman dahula kala dimana hubungan antara satu wilayah dengan yang lainnya bahkan antar dunia adalah melalui transportasi laut dan sungai , menggunakan kapal dan perahu layar . menjadi jalur perdagangan dan juga para bajak laut atau di sebut lanun terbiasa melintasi daerah – daerah baru . di kisahkan kan lah ada para bajak laut dari negeri china yang terdiri dari tiga perahu l layar , berlayar ke selat bangka . Kawanan perompak ini di pimpin seorang kapitan , mereka tertarik ketika melewati muara sungai musi palembang , terutama karena lebar nya , kapitan penasaran dengan sungai ini dan mencoba mencari nama dan informasi sungai ini di peta , tapi ternyata informasi dan nama sungai tidak ada di dalam peta .
Para perompak itu melihat banyak perahu dan tongkang datang dari hulu sarat dengan muatan hasil bumi ,mereka meyakini di hulu sungai pastilah wilayah dengan tanah yang subur , mereka bermufakat dan membentuk kelompok kelompok untuk mejelajahi wilayah hulu .
Ada kelompok mereka yang sampai di dataran rendah gunung dempo , daerah lahat palembang . mereka begitu terkagum kagum melihat begitu suburnya tanah di daerah tersebut , sayur mayur yg segar , tanaman kopi di tanah yg luasnya menghutan dengan buah yang besar besar , begitu juga dengan cengkeh , kayu manis dan tanaman bumi lainnya .
Kelompok yang lain menjelajah wilayah lain yaitu wilayah muara enim sekarang , sama hal nya kelompok ini juga terkagun kagum dengan dengan tanaman rempah rempah yang subur dan hasil bumi berupa batu bara yang muncul di permukaan tanah . sementara itu di wilayah lain , kelompok yang sampai di daerah ranau begitu takjub melihat tembakau pun tumbuh di sana .
Pada akhirnya sang kapitan pun begitu tertarik dengan wilayah sumatera selatan yang berpusat di sungai musi palembang , dia pun memtuskan untuk tinggal lama di kota palembang . Dia memberi tanda melingkari daerah sumatera selatan di peta seraya berkata : “kita sekarang berada di daerah ini , dan ternyata daerah ini belum ada namanya di peta , sudah ku pikir – pikir kita akan menamakan daerah ini Mu Ci ( dalam bahasa tua cina HAN , Mu Ci berarti ayam betina , dan mu ci adalah nama bagi dewi ayam betina yang memberikan keberuntungan pada manusia )“
Seseorang dari kawanan perompak itu bertanya “ kenapa tuan memberi nya nama mu ci ?”
“ Bukankah mu ci ( ayam betina ) adalah makhluk yeng memberikan keuntungan untuk manusia ? sekali bertelur belasan butir , telur adalah sumber makanan dan rezeki . daerah pun subur bahkan luar biasa suburnya , hasil rempah rempah nya bermutu tinggi , ada tamang batu bara emas dll . maka daerah ini layaklah di sebut mu ci , karena tanah nya begitu kaya raya memberikan banyak keberuntungan bagi manusia “
Semenjak saat itu sang kapitan menuliskan mu ci di peta nya untuk menamai wilayah sungai musi palembang , dari sang kapitan tersebar keberadaan wilayah ini dan juga nama mu ci sesuai yg tertulis di peta nya .
Dan selajutnya sama seperti banyak kisah lain di dunia ini ketika sebuah nama atau penyebutan berubah dari asli nya , sama seperti legenda palembang yg berasal dari kata pai lim bang berubah dari mulut ke mulut beratus tahun menjadi kata Palembang . seperti ini lah juga mungkin kata mu ci berubah dari mulut ke mulut selama beratus tahun berubah menjadi MUSI untuk menunjuk daerah sungai yg ada di kota palembang yaitu sungai musi palembang .
pada akhirnya kisah ini adalah legenda yang belum tentu benar adanya , yang jelas ini adalah salah satu kisah dari banyak kisah lainnya mengenai sungai musi palembang , tak apa lah bagi kita untuk sekedar lebih memahami akan begitu kaya nya provinsi sumatera selatan dengan sungai musi palembang sebagai sumber kehidupan nya . semoga semakin mencintai dan bersyukur dengan tanah air kita , kota palembang .


(Sumber : Kumpulan Cerita Rakyat Indonesia; Cerita Rakyat Sumatera)

2 komentar:

  1. http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/diabetesi-boleh-makan-buah-asal.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/14-11-1985-letusan-gunung-nevando-del.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/video-detik-detik-menegangkan-gempa-73.html
    http://beritamurnivip99.blogspot.com/2017/11/btn-gandeng-pemkab-hember-bangun.html
    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At Dominovip.com ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - Skype : Vip_Domino
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM
    - No Hp : +855-8173-4523

    BalasHapus
  2. waow bagus banget tempatnya, makin malam makin indah pemandangan dijembatan amperanya
    Rental Mobil Jogja

    BalasHapus